Codex

Interested in functions, hooks, classes, or methods? Check out the new WordPress Code Reference!

User:Ekajogja/Baru di WordPress - Dimana harus memulai

This article is a ROUGH DRAFT. The author is still working on this document, so please do not edit this without the author's permission. The content within this article may not yet be verified or valid. This information is subject to change.


Jika Anda baru mengenal WordPress, berikut ini adalah rencana langkah-demi-langkah untuk memulainya. Jika Anda butuh bantuan selama menjalaninya, tersedia banyak pilihan bantuan tertera di artikel ini. Selamat datang di dunia WordPress yang mendebarkan!

Langkah Pertama - Baca

diagram alur


WordPress adalah sebuah karya luar biasa. Mudah digunakan, punya banyak kemampuan, dan fleksibel. Membuat situs web, dan mengelola sebuah website, adalah sebuah metode sains dan seni yang telah berkembang begitu cepat. Untuk mengapresiasinya, penting sekali untuk banyak membaca mengenai topik ini. Satu hal utama yang harus diingat adalah investasi waktu Anda. Dengan memahami secara mendalam pastinya akan menghemat banyak waktu Anda dalam jangka panjang. Dengan keyakinan tersebut, sebelum Anda menginvestasikan waktu dan tenaga Anda yang berharga untuk menginstal WordPress, berikut ini adalah beberapa dokumen yang perlu Anda baca untuk membantu mengawali langkah Anda.

Bacaan yang disarankan meliputi,

Langkah Kedua - Susun Rencana

Berdasarkan informasi yang telah Anda baca, termasuk instruksi untuk menginstal WordPress, Anda harus memiliki sebuah daftar berisi hal-hal yang Anda butuhkan dan tindakan yang harus Anda lakukan. Jika belum, buatlah sekarang. Anda perlu memastikan daftar itu mencakup informasi berikut:

dokumen berikut akan membantu Anda memahami lebih lanjut mengenai bagaimana WordPress bekerja dan bagaimana menyusun rencana untuk situs WordPress Anda:

Sangat penting untuk menyusun rencana mengenai bagaimana Anda hendak menggunakan WordPress di situs Anda. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab.

  • Akankah Anda menginstal WordPress di direktori root, subdirektori, atau Anda hanya ingin membuat situs pengujian sebelum memastikan bahwa Anda benar-benar ingin menggunakannya?
  • Sudahkah Anda membuat daftar Have you made a list of your site categories situs untuk mengorganisir konten dalam kelompok-kelompok?
  • Sudahkah Anda membuat sebuah daftar Laman yang mungkin akan Anda tambahkan ke situs, misalnya Tentang, Kontak, atau Events?
  • Sudahkah Anda memikirkan mengenai apa yang Anda inginkan pada tampilan header situs Anda?
  • Sudahkah Anda membangun sebuah strategi konten dan daftar topik untuk memulai blogging?
  • Sudahkah Anda memikirkan mengenai bagaimana mengintegrasikan jejaring sosial ke situs - dan alur kerja - WordPress Anda?

Langkah Ketiga - Instal WordPress

Dengan informasi berikut dan rencana yang telah Anda susun, sekarang saatnya untuk menginstal WordPress.

Langkah Keempat - Atur WordPress

Setelah proses instalasi rampung, saatnya untuk mengatur WordPress agar ia bekerja sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk memahami bagaimana berbagai fitur dan layar pada panel Administrasi WordPress bekerja, lihat panduan Layar Administrasi yang menyajikan rincian langkah demi langkah.

Untuk memahami cara membuat dan mengatur informasi profil pengguna, yang sebagian atau keseluruhannya bisa ditampilkan pada Tema WordPress Anda, lihat laman Pengguna > Profil Anda sebagai panduan.

Untuk mengatur nama situs dan informasi lainnya, buka Administrasi > Pengaturan > Umum.

Setelah Anda menerbitkan beberapa tulisan, Anda bisa bereksperimen dengan fitur edit penuh atau edit cepat pada panel Administrasi > Tulisan > Tulisan.

Tambahkan Laman "Tentang," "Kontak," dan laman informatif lainnya dengan membuka Administrasi > Laman > Tambahkan Baru.

Ingin mengubah tampilan dan kesan situs WordPress Anda? Buka Administrasi > Tampilan > Tema.

Sediakan waktu untuk menjelajahi situs WordPress Codex, situs dokumentasi resmi untuk WordPress. Anda akan menemukan informasi yang berguna dengan membaca Pelajaran WordPress, dan dokumen-dokumen penting berikut:

Tampilan dan Tema

Melakukan perubahan tampilan situs web WordPress Anda cukup mudah dengan hanya beberapa klik saja.

Sampai titik ini, barangkali akan ada sesuatu pada Tema yang Anda pilih yang mengganggu Anda, atau, Anda sangat ingin mengetahui seluk beluk mengenai bagaimana Tema WordPress bekerja. Panduan berikut akan membantu Anda memperlajari bagaimana cara mengustomisasi Tema WordPress:

Jika anda ingin membuat Tema WordPress baru dari nol, atau hendak melakukan renovasi besar-besaran, atau bahkan merancang Tema WordPress untuk dirilis secara publik, Anda sebaiknya familiar dengan HTML, XHMTL, dan CSS. Dokumen berikut akan membantu Anda memulainya:

Jika Anda menginginkan Tema WordPress kustom yang dibuat khusus untuk Anda oleh para desainer web berpengalaman, sangat direkomendasikan jika Anda mencari para desainer web berkualitas melalui internet, atau carilah di komunitas lokal Anda.